top of page

Manfaat dari Terapi Manipulasi Tulang Belakang (Spinal Manipulation)


Setiap hari banyak orang mengalami nyeri tanpa ada bantuan dan harapan. Dokter umum tidak dapat melakukan apapun kecuali mengontrolnya dengan obat – obatan atau mencoba menghentikannya dengan tindakan operasi yang mahal dan bahkan sering menambah rasa sakit.


Terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) seringkali dapat menawarkan kepada para pasien alternatif pengobatan untuk punggung, leher, bahu dan juga sakit kepala, di saat terapi tradisional lainnya gagal.

terapi manipulasi tulang belakang, spinal manipulation, pengobatan punggung, pengobatan bahu, terapi sendi dan otot

Apa itu Terapi Manipulasi Tulang Belakang (Spinal Manipulation)

Spinal manipulasi, juga sering disebut terapi manipulasi tulang belakang, menggabungkan gerakan dan dorongan sendi dengan pijat, latihan dan terapi fisik. Tujuan terapi ini adalah untuk mengurangi tekanan pada sendi dan otot anda, meningkatkan fungsi syaraf, serta mengurangi nyeri dan inflamasi.


Terapi manipulasi tulang belakang biasanya dilakukan oleh dokter berlisensi dan digunakan untuk menangani sakit punggung, leher, bahu bahkan sakit kepala. Beberapa dokter juga percaya bahwa hal ini dapat membantu masalah lain seperti nyeri menstruasi dan sinus.


Apakah Terapi Manipulasi Tulang Belakang Bekerja?

Ada dua kelompok yang muncul saat and membahas keberhasilan dari terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation). Kelompok yang percaya hal tersebut bekerja dan ada kelompok yang percaya kalau terapi ini tidak efektif. Ada beberapa penelitian mengenai terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation).


Pada tahun 2007, sebuah penelitian menemukan bahwa terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) sangat efektif meringankan sakit pinggang kronis yang bertahan selama 4 minggu bahkan lebih. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa terapi ini efektif untuk menangani nyeri leher.


Pada akhirnya, pengalaman anda akan menentukan apa yang anda pikirkan mengenai perawatan yang sebaiknya anda pilih agar membantu mengurangi sakit anda.


Manfaat Terapi Manipulasi Tulang Belakang (Spinal Manipulation)

Ada banyak manfaat dari terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation)

  • Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat yang paling jelas adalah mengurangi rasa nyeri. Terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) hampir secara instan dapat mengurangi sedikit atau seluruh rasa sakit yang anda alami di pinggang, punggung, leher , kepala dan bahu. Beberapa pasien bahkan melaporkan jika nyeri hilang di saat kunjungan pertama.

  • Meningkatkan Fleksibilitas

Terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas anda. Jika dilakukan bersamaan dengan latihan, anda dapat menguatkan otot inti dan meningkatkan gerakan pada punggung, bahu dan leher. Hal ini akan memberikan anda fleksibilitas yang lebih baik dan di saat bersamaan juga membantu anda merasa lebih baik.

  • Mencegah Operasi

Jika anda telah menggali semua pilihan untuk menghentikan nyeri anda dan satu – satunya pilihan adalah operasi, maka anda dapat mempertimbangkan terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) sebagai alternatif sebelum anda melangkahkan kaki ke ruang operasi. Dalam beberapa kasus, terapi ini dapat mengurangi atau menghilangkan gejala- gejala anda dan mencegah anda untuk menjalani operasi.

  • Mengurangi Ketergantungan pada Obat - Obatan

Pada akhirnya, terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) dapat membantu anda mengurangi ketergantungan anda terhadap resep obat dan penghilang rasa sakit. Obat – obatan ini seringkali memperlambat daya pikir, membahayakan organ dalam dan bahkan dapat membuat anda ketergantungan. Semua dikarenakan anda sedang sakit. Terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) dapat membantu anda mengurangi gejala nyeri dengan demikian mengurangi kebutuhan anda untuk mengkonsumsi obat – obatan. Sekali anda berhenti meminum obat tersebut, anda akan mulai merasa lebih baik.


Terapi manipulasi tulang belakang (spinal manipulation) bisa menjadi pilihan bagi anda yang mengalami nyeri kronis dan tidak ingin menjalani operasi yang kemungkinan bisa berhasil atau tidak, hal ini dapat menjadi jawaban terhadap masalah anda. Sebelum menjalani terapi, bagaimanapun juga, pastikan anda berbicara dengan dokter anda untuk melihat jika terapi ini merupakan hal yang tepat bagi anda untuk meminimalisasi resiko yang mungkin muncul.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Instagram - shwclinic
  • FB Page - shwclinic
  • G+ Page - shwclinic
  • Twitter - shwclinic
bottom of page