top of page

6 Peregangan untuk Mengurangi Kaku dan Sakit pada Leher

Duduk di depan computer sepanjang hari? Maka peregangan ini akan terasa sangat luar biasa.

Apakah anda tidur di posisi yang aneh semalam atau duduk dan melihat computer berjam – jam pada akhirnya, sakit leher dapat terjadi. Kaku di leher tidak hanya mengganggu dan sakit, tapi juga dapat menyebabkan sakit kepala dan punggung. Untuk mengurangi sakit dan nyeri, cobalah beberapa gerakan peregangan yang menyenangkan ini. Setelah mandi air hangat yang lama akan membantu melemaskan otot – otot, cobalah beberapa (atau semua) gerakan tersebut agar sedikit membantu. Anda akan merasa lebih baik dan mungkin anda akan berdiri lebih tegak.


1

Seated Neck Release

Peregangan ini menargetkan bagian samping leher anda.

Duduk bersila di lantai atau di kursi dengan kaki menapak di lantai. Luruskan lengan kanan di samping lutut kanan atau di samping kursi. Letakkan tangan kiri anda di kepala dan perlahan gerakkan kepala ke kiri. Berikan tekanan ringan dengan tangan anda untuk menambah peregangan. Untuk merasakan peregangan lebih, anda dapat memegang lutut kanan atau kursi. Ini akan menstabilisasi tubuh dan mengisolasi tarikan di sisi leher. Tahan posisi ini selama 30 detik, lalu perlahan angkat kepala dan ulangi peregangan ini ke arah lain.


2

Seated Clasping Neck Stretch

Gunakan kedua tangan anda untuk memberikan peregangan lebih pada bagian belakang leher dan punggung.

Duduk nyaman di kursi atau di lantai. Tautkan kedua tangan dan letakkan di belakang kepala. Duduk tegak, pastikan pinggul tetap menempel di kursi. Dari sini, perlahan dorong tangan ke arah paha, tarik dagu ke arah dada. Saat menekan ke bawah, gunakan pangkal telapak tangan untuk menajuhkan kepala dari bahu. Hal ini akan menambah peregangan. Tahan posisi ini selama minimal 30 detik, dan kemudian perlahan angkat kepala dan lepaskan tangan anda.

3

Behind the Back Neck Stretch

Peregangan ini dapat dilakukan di mana saja, dan akan memberikan lebih banyak tarikan pada bagian samping leher.

Berdiri dengan kedua kaki terbuka, lengan di samping tubuh. Tautkan kedua tangan di belakang punggung, dengan tangan kanan memegang pergelangan tangan kiri. Gunakan tangan kanan untuk meluruskan lengan kiri anda perlahan – lahan dan tarik menjauh dari tubuh anda. Untuk menambah tarikan di leher anda, perlahan dekatkan telinga kanan ke bahu. Tahan posisi ini selama 30 detik dan ganti posisi.

4

Grounded Tipover Tuck

Ini adalah peregangan relaksasi untuk leher dan bahu anda yang juga dapat membantu mengurangi sakit kepala dan rasa kantuk.

Lakukan Child’s Pose dengan kedua tulang kering dan dahi menempel di lantai. Diam pada posisi ini selama beberapa kali tarikan nafas, relaksasikan dada ke paha untuk meregangkan tulang belakang. Ketika anda siap, taukan kedua tangan ke belakang tubuh seperti mengenggam. Jika anda bisa, tekan telapak tangan untuk menambah peregangan di bahu. Lalu angkat tangan anda setinggi mungkin. Tarik nafas agar berat badan condong ke depan dan angkat pinggul dari tumit. Diam dengan posisi kepala ke bawah dan luruskan tangan anda sedekat mungkin ke lantai. Tahan selama 10 detik kemudian turunkan pinggul kea rah tumit anda. Tahan selama 10 detik, dan kemudian angkat pinggul anda ke atas lagi. Lanjutkan putaran ini sebanyak 5 kali atau lebih, lalu relaks ke Child’s Pose dengan kedua lengan di samping kaki anda.

5

Seated Heart Opener

Meregangkan leher bagian depan, dada dan bahu dengan membuka dada secara relaks.

Mulai dengan duduk di atas tumit hingga ke posisi Reclining Hero. Condongkan tubuh ke belakang dan tempatkan kedua telapak tangan di lantai sekitar delapan sampai 10 inchi di belakang anda hingga ujung jari – jari anda ke arah luar. Tekan kedua tangan ke arah lantai agar dadaterangkat, lekukkan punggung anda dan dorong pinggul kea rah tumit. Untuk menambah peregangan, jatuhkan kepala ke belakang, regangkan tenggorokan dan dada depan. Tahan selama 30 detik, kemudian angkat kepala dan tubuh anda.

1

Bridge

Berikut adalah gerakan yoga klasik yang membantu anda mengontrol seberapa banyak peregangan pada leher belakang melalui seberapa jauh pinggul terangkat.

Mulai dengan berbaring terlentang dan kedua lengan di samping tubuh, dan kedua telapak tangan menghadap bawah. Tekuk lutut dan kedua kaki menapak di lantai. Gerakkan tumit anda sedekat mungkin ke arah pantat, dengan posisi pinggul tetap terbuka. Pastikan kedua kaki sejajar. Tekan ke arah lantai dengan kedua tangan dan kaki anda, angkat pinggul dari lantai. Diam pada posisi ini, atau genggam kedua tangan di bawah pinggul anda, dan luruskan kedua lengan. Gerakkan berat tubuh anda dari satu sisi ke sisi lain agar tulang belikat dapat mendekat. Tahan selama 30 detik, lanjutkan dengan mengangkat pinggul. Untuk melepaskan peregangan ini, perlahan turunkan pantat ke lantai. Lalu regangkan pinggang anda dengan cara memeluk lutut di dada anda.

Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
No tags yet.
Follow Us
  • Instagram - shwclinic
  • FB Page - shwclinic
  • G+ Page - shwclinic
  • Twitter - shwclinic
bottom of page